Tuesday 28 May 2013

MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS SURAT / DOKUMEN



A. Kategori Surat Penting

Kantor identik dengan kegiatan surat menyurat. ada berbagai macam surat yang diterima oleh suatu kantor ,antara lain sutar pribadi, niaga , dan surat dinas. setelah kantor menerma surat dari berbagai pihak ,dari amplopnya , surat dapat dikelompokan sebagai berikut.

  1. Surat Pribadi  .Dapat diketahui melalui atau dari amplopnya. pada amplop surat pribadi, terdapat nama pihak yang dituju. selain itu juga amplop yang digunakan juga tidak ber-kop serta menggunakan amplop Airmail.
  2. Surat Rahasia  . sama seperti surat pribadi , surat rahasia dapat diketahui dari amplopnya , pada amplop surat rahasia ,terdapat stampel R,RHS,RAHASIA,ataupun CONFIDENTIAL,serta menggunakan amplop resmi ber-kop.ciri lain dari surat Rahasia ini adalah menggunakan amplop rangkap dua . hal ini untuk menhindari surat Rahasia yang menggunakan stempel sudah terbuka sebelum sampai kepada pihak yang dituju.
  3. Surat Dinas   . adalah surat yang berasal dari institusi atau perusahaan dengan ciri menggunakan amplop ber-kop yang ditujukan ke jabatan seseorang di kantor. misalnya kepada manajer pemasaran.
 

No comments:

Post a Comment