Sunday 22 December 2013

PRINSIP-PRINSIP INOVASI

Prinsip-prinsip inovasi terbagi menjadi :

a.   Prinsip Keharusan
  • Keharusan Menganalisis Peluang  
Semua sumber peluang inovasi harus dianalisis secara sistematis. Tujuannya adalah mencari peluang yang benar-benar  sesuai dengan inovasi yang akan dilakukan. 
  • Keharusan Memperluas Wawasan 
Hal ini sudah sering dikemukakan sebelumnya, bahwa semakin banyak hal0hal baru yang kita dapati, semakin mudah bagi kita untuk mencari gagasan inovatif. Memperluas wawasan dapt dilakukan dengan cara lebih banyak membaca, melihat, mendengar, dan merasakan.
  • Keharusan Untuk Bertindak Efektif
Sebuah inovasi harus bersifat efektif, dalam artian sesuai dengan kebutuhan. Syarat bagi keefektifan sebuah inovasi adalh kesederhanaan. Sebuah inovasi yang efektif akan menimbulkan penyakit seperti, "hal ini sebenarnya sederhana , mengapa tidak berpikir sebelumnya?"
  • Keharusan Untuk Tidak Berpikir Muluk
Memiliki impian yang bagus, hal ini merupakan sumber inspirasi untuk melakukan sebuah inovasi, tetapi cobalah mulai dari hal-hal yang kecil.

b.   Prinsip Larangan
  • Larangan Untuk Berlaga Pintar 
Jangan melaukan hal yang melebihi kemampuan yang dimiliki. Setiap orang mempunyai keterbatasan. Adalah suatu hal yang mustahil untuk melakukan hal yang tidak mampu dilakukan , akibatnya adalah KEGAGALAN.
  • Larangan Untuk Rakus 
ada suatu ungkapan bijak "berlakulah fokus, jangan rakus". Maksudnya adalah tidak melakukan pekerjaan yang banyak sekaligus. Tetaplah fokus pada tema inovasi yang telah dipilih. Semakin kita menjauh dari tema tesebut, akan semakin menyebar pekerjaan yang dilakukan dan ini juga akan mengakibatkan terjadinya KEGAGALAN.
  •  Larangan Untuk Berpikir Terlalu Jauh ke Depan
Jangan coba berpikir atau berkata 20 tahun lagi hal ini akan sangat dibutuhkan masyarakat. Sebagai gantinya, berpikirlah saat ini,orang sangat memerlukan hal yang sedang saya buat.

c.   Mengembangkan Cara Berpikir Inovatif

Pada dsrnya setiap orang memiliki kemampuan untuk berpikir scara inovatif. Namun sayangnya kemampuan ini hanya berkembang dalam diiri oranag-orang tertentu saja, yaitu orang-orang yang berkemauan keras untuk mengembangkan kemampuannya tersebut menjadi suatu keberhasilan. Untuk mengembangkan cara berpikir inovatif ini, dapat dilakukan dengan cara berikut:
  • Biasakan Memilki Mimpi 
Jangan menghabiskan waktu dan energi hanya untuk memikirkan masalah-masalah kehidupan sehari-hari. sisakanlah tempat pada pikiran untuk membuat mimpi-mimpi besar yang mungkin bagi orang lain dianggap mustahil. Catatla mimpi-mimpi dan tangkaplah peluang yang memungkinkan mimpi tersebut terwujud.
  • Perkayalah Sumber Ide
Memperkaya diri dengan bacaan dan pengalaman akan membantu membangun mimpi-mimpi besar. Bangkitkanlah ketertarikan dan keingintahuan pada hal-hal baru yang semula tidak menarik minat, misalnya menyaksikan acara televisi yang belum pernah disaksikan sebelumnya atau membaca dan bertanya tentang subjek yang baru.
  • Biasakan Diri Menerima Perbedaan dan Perubahan
Jadikanlah perbedaan pendapat sebagai suatu fasilitas untuk memperkaya wawasan, bukannya suatu pertandingan untuk memenangkan pendapt yang kita yakini. perbanyak diskusi mengenai hal-hal yang ingin diketahui.
  • Tumbuhkan Sikap Empati
Dengan berempati , kita memahami apa yang dipikirkan dan rasakan oleh orang lain. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik saat teman menceritakan masalhnya.


SEKIAN GUYS PENJELASAN MENGENAI INOVATIF
SEMOGA BERMANFAAT!!!




1 comment: